Menu

Penduduk Bangladesh Menolah , Bangladesh Gagal Pulangkan Rohingnya

0 Comments


Usaha Bangladesh untuk memulangkan beberapa ribu orang Rohingya tidak berhasil sebab seputar 300 keluarga pengungsi menampik kembali pada Myanmar, dimana persekusi sampai pembunuhan Rajapoker pada minoritas Muslim sering berlangsung.

“Saya benar-benar susah, benar-benar cemas bila harus kembali pada Myanmar. Saya takut pada pemerintahan Myanmar, seperti dahulu waktu saya disana,” tutur seseorang pria Rohingya, Sayedul Haque, pada Reuters.

Nama Haque sebetulnya masuk dalam daftar 3.450 orang yang wajar dipulangkan ke Myanmar. Bangladaesh sendiri awalnya telah pastikan jika beberapa ribu orang yang masuk daftar itu juga bersedia dipulangkan.

“Tidak ada yang akan diminta pulang terkecuali mereka ingin dengan suka-rela,” sebut komisioner masalah pengungsi Bangladesh, Mohammad Abul Kalam, pada AFP, awal minggu kemarin.

Awalnya, aparat Bangladesh pernah berencana pemulangan seputar 2.260 Rohingya. Tetapi, beberapa pengungsi itu menampik sebab takut masih ada persekusi di Rakhine.

Baca juga : Hoax Kasus UNESCO Nyatakan ISLAM Agama Paling Damai Sedunia

Proses pemulangan ini jadi perhatian sebab berdasar laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa, keadaan di Rakhine sampai sekarang belum aman sebab masih berlangsung perselisihan dengan pemberontak Tentara Pembebasan Arakan Rohingya (ARSA).

ARSA ialah barisan bersenjata Rohingya yang lakukan serangan di empat pos kepolisian serta satu pangkalan Data Sgp militer di Rakhine dua tahun kemarin. Mereka mengaku jalankan laganya untuk bela hak-hak basic Rohingya.
Sampai kini, jadi barisan etnis minoritas Muslim di Myanmar, Rohingya memang sering jadi sasaran diskriminasi serta persekusi sampai harus kehilangan nyawa mereka.

Serangan ARSA itu menyebabkan “operasi pembersihan” di Rakhine yang mengakibatkan seribu orang meninggal serta beberapa ratus ribu yang lain melarikan diri ke Bangladesh. (has)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *